MENU

Tuesday, January 19, 2016

Dibalik Senyumku

Just because you don't see the good in something doesn't mean it's not there. 
Allah has a plan for everything. 
Something that seems bad at the moment can be the best thing that's going happen later on.

Saya masih terus percaya bahwa ini semua adalah takdir yang Allah kasih untuk saya, saya percaya Allah SWT mau tahu sampai manakah usaha saya ini.

Kisah ini tidak berawal dari sini, perjuangan panjang untuk mendapatkan keturunan dimulai sejak awal menikah dulu, yaaa 10th lalu. Tapi dibalik semua usaha itu, kisah ini sudah dimulai sejak tahun 2004, saat pagi itu perut saya sakit sekali disebelah kanan, rasanya seperti mau datang bulan, tapi bukan waktunya untuk datang bulan. Saat itu saya masih sempatkan untuk tetap mengikuti ujian di kampus, dan beberapa teman bilang mungkin saja usus buntu jika kaki kanan diangkat akan terasa sakit dibagian perut, tapi tidak... tidak seperti itu rasanya. Sore harinya saya check up ke dokter yang biasa saya berobat kalau sakit flu dan lainnya, ditemani oleh Mama dan Ka Yudi, ternyata dokter mendapati kalau diindung telur saya terdapat kista sebesar 6cm, dokter pun menyarankan saya untuk segera operasi dan dirujuk ke RSPI. Saya tidak segera memutuskan, kami sekeluarga pun bertanya mencari informasi lewat keluarga dan saudara, karena sebelumnya ada beberapa saudara yang pernah operasi serupa. Akhirnya pada tahun 2004 itu saya operasi Laparatomy (bedah perut) di RS.Pelni, 1 indung telur saya harus diambil juga karena pengaruh besarnya kista yang ada di tubuh saya.

Tahun 2005 saya menikah, kami pikir setelah melakukan operasi akan mudah hamil seperti saudara-saudara saya lainnya, tapi tahun berganti tahun, dokter dokter ternama di Jakarta pun kami singgahi untuk kontrol, tapi Allah sepertinya belum memberikan kepercayaan kepada kami untuk menjadi orang tua.

Dan pada tahun 2010 terdapat lagi kista endometriosis sebesar 2,75cm, dalam hati bilang, bismillah ini ikhtiar juga "Operasi lagi nih?? hmmm... ya udah nanti habis ini, bisa hamil alami kali ya"
berharap boleh dong :)

Apa sih yang ditakutkan kalau operasi?? dokter bilang tenang aja karena operasinya LO (laparaskopi) lukanya juga kecil dengan 3 titik diperut. Sebenarnya bukan hanya soal luka, saya punya banyak riwayat alergi dengan berbagai macam obat, jadi saya tidak pernah suka gonta-ganti dokter apabila obat-obatan yang dikasih dokter sudah cocok, karena kalau pindah-pindah dokter saya musti menjelaskan satu-satu riwayat alergi saya. Yaaa saya takut dengan alergi obat, karena kasusnya bisa fatal kalau sampe salah obat atau tidak cocok. Tahun 2010 itu saya melakukan operasi laparascopy di RSIA.Bunda Menteng dengan salah satu dokter senior di Bunda. Seperti biasa LO hanya dilakukan dalam waktu 2 jam, malamnya pun saya sudah bisa buang air kecil ke toilet, lebih cepat recoverynya, walau pun setelah selesai operasi alergi saya keluar semua, bentol seluruh badan, mata dan bibir bengkak. Pasti tadi di ruang operasi ada beberapa obat yang tidak cocok dengan tubuh saya. Operasi dan penyembuhan berjalan lancar, pada umumnya pasca operasi LO pasien harus suntik yang namanya Tapros untuk penyembuhan rahim dan reproduksi lainnya, tergantung dari kondisi pasien itu sendiri, suntik dilakukan selama 3-6 bulan,  yang sekali suntik itu harganya Rp.1,7-2jt.





Setelah proses penyembuhan pasca operasi yaitu Tapros selesai berjalan 3 bulan, saya mendapat haid pertama saya... dan, rasanya sakit luar biasa, juga di iringin muntah selama 24jam dan tidak bisa jalan, hingga tidak bisa beraktifitas. Sedih rasanya tidak ada perubahan dan seakan akan makin bertambah parah. Saya terus masih berobat selama 5th ini, sesekali suntik Tapros bila ingin bepergian jauh atau mau ada acara, rasanya ketagihan suntik Tapros, karena saya tidak harus merasakan sakit yang luar biasa setiap bulan... tapi, adakah efek sampingnya wanita dimasa subur dihentikan haidnya??? itu yang ditakutkan. Sering kali saat hari pertama haid, saya dibawa ke UGD untuk di infus, karena memang saya sudah tidak punya tenaga, saya tidak sanggup bangun selama haid, tidak bisa makan. Saya bertahan selama 5th dalam keadaan seperti itu. Tidak jarang, saya merasa sudah tidak sanggup lagi untuk hidup... pasrah...

Tapi saya harus semangat, saya harus tetap ikhtiar, karena saya masih punya harapan.
Saya masih punya suami yang sayangnya luar biasa terhadap saya,
Saya masih punya orang tua yang selalu ada buat saya,
Saya masih punya mertua yang support luar biasa,
Saya masih punya keluarga yang selalu bantu doain saya,
dan Saya masih punya teman-teman yang selalu bikin semangat ngajalanin ini semua.

Saya tersenyum bukan karena hidup tanpa masalah dan telah sempurna, 
Saya tersenyum karena itu bentuk rasa syukur saya menikmati hidup yang Allah telah berikan.

55 comments :

  1. Ka Lulu sayaaang, semangat terus yah, Allah pasti akan kasih yang terbaik buat kaka, Allah yubarik fiik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terima kasih yaaa :) semoga kamu juga diberi kesehatan

      Delete
  2. Semangat kak... Allah sangat mencintai kak Lulu dan suami juga keluarga besar.
    Allah tidak akan pernah memberikan cobaan diluar kemampuan hambanya, rite?
    Semoga segala ikhtiar yang sudah dijalani selama ini berbuah kebaikan yaa... Aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya harus semangat yaa, masih ada harapan dan mimpi-mimpi yang ingin jadi kenyataan :)terima kasih ya

      Delete
  3. Replies
    1. Kak lulu.. Terharu bacanya... Terus semangat kak lulu... Semoga Allah segera mengabulkan semua harapan kaka, jangan mudah pasrah, dibalik kegagalan.. Akan selalu ada harapan-harapan baru.. Aku disini ada buat terus suport kaka.. Love you @lutfianifrdl ��

      Delete
  4. Huhuhuhuhuhu... mba Lulu, bacanya sampe nahan nafas. Ngebayangin sakitnya mba Lulu dan perjuangan TTC nya. Semangat ya mbak. Didoakan semua yang terbaik buat Mba Lulu. Semoga semua ini menjadikan Mba Lulu orang yang lebih hebat.
    Hebatnya lagi Mba Lulu selalu bisa tersenyum. Itu kok bisa banget mbak, pengen belajar bisa begitu... Saling mendoakan ya Mba Lulu, aku juga TTC nih, tapi gak ada apa-apanya dibanding Mba Lulu. Cuma aku yang perlu sabar lebih banyak aja kali.
    Ayo Mba Lulu hidup sehat. iar sehat dan sgera siap dan semoga di tahun ini bisa dipercaya jadi Ibu ya Mbak.. salam senyumdan sehat ya Mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, kamu juga tetap semangat yaa, jangan bosen bosen kontrol ke dokternya :)

      Delete
    2. Peluuk amiiih sayaang..
      Kita semua selalu menyelipkan doa untuk kaka tersayang..

      Delete
  5. Semangat terus ya Mbak.. semoga Allah segera angkat penyakitnya.

    ReplyDelete
  6. Ih kaa bacanyaa nangis gw ..
    Keep fight yaa kaa.. Keep strong and i love you so much 😘😘😘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih yaaa sudah mampir ke Blog aku :)

      Delete
  7. Semangat kak lulu sayaaaang.. bismillah Allah pasti selalu bersama kak lulu, kak yudi, & keluarga..

    ReplyDelete
  8. Luluuuuuu. udah gak bisa bilang apa2 laahh klo liat perjuangannya. saluutttt. kamu dan kak yudi pun kompak banget, keliatan banget gimana sayang dan perhatiannya kak yudi ke lulu. Cuma bisa mendoakan semoga kalian segera diamanahi keturunan yang shaleh dan shalehah yaaa. Semoga program2nya dilancarkan dan dimudahkan yaaa. Bismillah :)

    walaupun udah tau cerita ini dari lulu langsung, tapi baca tulisan di blog ini mataku berkaca-kacaaaa. semangaaaattttt :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu fikaaaa, semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus bisa ikhtiar yaa, semoga Allah mengabulkan doa kita ya dengan memberikan keturunan soleh dan shalihah :)

      Delete
  9. Peluk lulu.. Kamu perempuan yang hebat lu :)

    ReplyDelete
  10. Kaaak, maa syaa Allah ikhtiarmu hebat bangeet!! Semangat ya Kak! In syaa Allah, apapun yg dikasih Allah dalam hidup kita itu pasti yg terbaik. Peluk kenceeng! :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn, terima kasih Uti sayang :) kamu juga jaga kesehatan yaaa

      Delete
  11. Peluuk amiih sayang..
    Kita semua selalu menyelipkan doa untuk kaka tersayang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thnak you eflii :) terima kasih doanya yaaa

      Delete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Kak Lulu sehat terus yaaa, cepet sembuh
    semoga dapet hasil yang terbaik
    aku suka banget sama kak lulu. salam kenal kak
    love u kak lulu

    ReplyDelete
  15. Ka lulu yang kuat ya ! Kudoakan semoga senantiasa diberi kebahagiaan, kesabaran dan kelapangan hati.

    Aku kalau lagi sedih suka inget ayat ini, tapi semoga sih ka lulu jangan sedih-sedih ya amiiiinnnnn :')

    "Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala dari kebajikan yang diusahakannya dan ia mendapat siksa dari kejahatan yang dikerjakannya, (Mereka berdoa) Ya Tuhan kami, jangnalah engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya, beri maaflah kami. Ampuni kami. dan rahmatilah kami." (albaqarah 286)

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya Mba, duh jd tenang ya bacanya, inshaAllah akan tetap kuat dan sabar ngejalanin semuanya :) sekali lagi terima kasih

      Delete
  16. Bismillah ka Lulu, aku slalu lovein updetan IG ka Lulu, ikut doain ka Lulu jg yg baik2.. smoga qta segara dikasih kepercayaan buah hati ya ka.. Allah bersama org2 yg sabar&berusaha.. semangaaaaat ka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, terima kasih sebelumnya suka love IG aku yaaa, dan terima kasih juga sudah bersedia mempir baca-baca blog aku... amin amin Ya Rabb doanya :) semoga kamu juga diberi kesehatan dan kebahagiaan yaaa

      Delete

  17. Assalamualaikum mb lulu. .
    Calon ibu yg hebat te2p semangaatt yaa . . ,

    Bersabar dalam menanti, yakin janji-Nya adalah pasti, pada akhirnya kebahagiaanlah yang kelak kan diraih. Aamiin
    (Smg bs mnjdi sdikit pnyemangat y mblulu, salam kenal )

    Dan Smg d waktu yg tepat d berikan keturunan yg soleh dan solehah . . Aamiin

    *sering2 nulis d blog tentang promil y mblulu, soalny lgi promil jg n suka bgett baca2 tntang promil2 . . Krn bs bermanfaat bgett bwt nambah2 ilmu . . Dan yg jelas energi positifnya dri calon2 bumil saling mendoakan . . :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan senang hati nulis soal promil.. semoga dilancarkan yaa program hamilnyaaa .. dan terima kasih doanya

      Delete
  18. MasyaAllah kak lulu,tetep smngat ya kak, pngalaman sya jga sama krna ad polip dn endometriosis uda grade 3 stelah LO th 2013 jga hrus sntik tapros slama 3 bln,kemudian lnjut program ivf di permata hati yogyakarta th 2014, tp blm brhasil,mgkin Allah sedang mmpersiapkan yg terbaik bwt hambaNya.
    Alhmdulilah stlah 2 th saya diberikan kesempatan utk program lg krna msi ad smpenan embrio 2. Skrg uda tahap FET dn msi berjuang mnunggu hasil yg terbaik dr Allah.
    Smoga ikhtiar mba lulu dn kita smua dsni yg msih dn sedang brjuang mndpatkan kturunan diijabah sm Allah ya mba.. tetep smngatt mba lulu 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woah senangnya sudah FET... gimana sekarang kabarnya?? Semoga hasilnya yg terbaik yaaa... mau dong info updatenya.. hehehe....sehat sehat terus yaaa dan terima kasih sudah mampir ke blog aku

      Delete
  19. Semoga segera dikaruniai keturunan yang shaleh dan shaleha ya Lulu dan Mas Yudi, semoga makin kuat dan makin sabar...Kebayang rasanya, cobaan Allah buatku nunggu 6 tahun untuk bisa hamil gak ada apa-apanya dibanding yang Lulu alami...In shaa Allah selalu diberi semangat, gak kendor untuk terus ikhtiar dan percaya kalo Allah amat menghargai setaip proses yang Lulu dan suami alami...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiinn ya Rabb terima kasih support dan doanya ya.. inshaAllah kami akan terus semangat dan usaha terus

      Delete
  20. kuat yaaa dek lulu... saya selalu mengikuti instagram dek Lulu....jadi kudu bnyak bersyukur saya yaaa? bnyak nikmat yang belum saya syukuri.... semangat yaaa sayang...

    indahannora.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima ksh mba indah... intinya memang kita hrs banyak bersyukur jadi hidup rasanya indah yaaaa ...

      Delete
  21. Subhanallah

    Semoga Allah subhana wa ta 'ala selalu menghitung setiap jengkal usaha mba Lulu dan suami dan semua support keluarga, untuk menjadi pemberat amal baik emba dan menjadikan emba dan suami dan keluarga masuk surga NYA kelak

    Smangat, mbaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Allah amin... terima ksh atas doanya yg indah mba...

      Delete
  22. Halo mba lulu...aku baru baca kisahnya mba lulu... Aku juga sempet didiagnosa ada kista diindung telur ukurannya 4cm...dokter prtama menyarankan segera laparoskopy... Ada jg dokter yg lain blg kalau itu endometriosis bukan kista yg diindung telur...aku smpet bingung krna beda2 dokter beda diagnosanya.. Smpai akhirnya mau program hamil krna baca2 dr web kalau kista jd penghalang utk hamil...tp dokter yg lain lagi malah ngetawai saya krna usia prnikahan msh 3 bulan dan usia saya wktu itu 23 tahun...pdhal dokter sebelumnya sdh menyarankan utk prgram hamil dan operasi, tp yg ini tidak. Entah bgmn saya bisa dpt mrasakan ikhlas stlh sblmnya saya 'ngoyo' banget harus hamil. Di bulan depannya, saya ganti lg dokter, saya dinyatakan hamil...dan dokter ini mbritau bhwa saya ada kista dan brtnya apa saya sdh operasi? Saya blg belum, beliau menjawab bagus.... Seperti tidak setuju dg operasi laparoskopy... Alhamdulillah skrg sdh 9 bln sdg mnunggu kelahiran...smga mba lulu juga segera mendapatkan yg diimpikan ya mba :)

    Sebenernya saya bingung kalau berganti ganti dokter krna msg2 punya diagnosa sendiri dan tdk ada yg blh slg menyalahkan mnrt etika kedokteran...jd akan membuat kita smkin pusing sbg pasien yg awam tp kalau kita hanya 1 dokter aja, juga merasa spt ada yg kurang ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya mba... akhirnya Allah memberikan amanahnya... semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagian terus ya mba... dan selamat atas kandungannya, lancar terus ya sampai melahirkan nanti...

      Delete
  23. Semangat yaa ka lulu, semoga semua do'a dikabulkan oleh Allah SWT..aamiin. Bangga dengan kekuatan yang ka lulu punya :)

    Salam kenal
    goresanfarida.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga... terima ksh doa dan supportnya yaaaa

      Delete
  24. Semoga Allah cepat memberikan kesembuhan pada mbak Lulu..... ya Allah... iya mbak banyak orang khususnya wanita menyembunyikan lukanya dengan senyum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin terima ksh doanya yaaa.. senyum salah satu penyembuh luka 😊😊😊

      Delete
  25. Semangat selalu Kak Lulu.. saya terharu baca ceritanya :')

    ReplyDelete
  26. SubhanAllah Kak Lulu, ngebacanya aku pengen nangis. keep strong dan selalu semangat ya kak. semngat buat program ttcnya. inshaallah ada jalan

    ReplyDelete
  27. Baru baca blog ka lulu.. Yg ka lulu rasain aku rasain banged setiap mens aku selalu masuk rumah sakit UGD untuk dikasih obat penahan rasa sakit yg biasanya di suntikkan atau lewat anus.... Alhamdulillah ka saya selalu ikhtiar dan berdoa dan berucap doanya nabi ibrahim rabbi habli minasholihin setiap rasa sakit itu dateng minta dengan sangat untuk diberi keturunan jangan menyerah ada Allah dan Allah yg maha berkehendak kun fa ya kun... Alhamdulillah dikehamilan 3 bln ini saya merasakan suatu keajaiban Allah walau banyak dokter yg bilang kalau saya punya penyakit endometriosis adenomiosis perlengketan rahim dll.. Tapi satu hal yg saya percaya dokterkan semuanya manusia dan manusia bisa salah dan saya kembalikan kepada Allah dan saya berjuang untuk tidak terlalu stress akan vonis dokter selalu Haqul Yakin akan Takdir Allah dan Kekuasaan Allah seperti halnya kisah Nabi sulaiman nabi ibrahim siti mariam tanamkan dzikrullah setiap kita mengalami kesulitan dan Allah membantu memberikan jalannya... Semangat buat ka lulu insha allah Allah akan memberikan setiap doanya ka lulu... Aamiin

    ReplyDelete
  28. Baru baca blog ka lulu.. Yg ka lulu rasain aku rasain banged setiap mens aku selalu masuk rumah sakit UGD untuk dikasih obat penahan rasa sakit yg biasanya di suntikkan atau lewat anus.... Alhamdulillah ka saya selalu ikhtiar dan berdoa dan berucap doanya nabi ibrahim rabbi habli minasholihin setiap rasa sakit itu dateng minta dengan sangat untuk diberi keturunan jangan menyerah ada Allah dan Allah yg maha berkehendak kun fa ya kun... Alhamdulillah dikehamilan 3 bln ini saya merasakan suatu keajaiban Allah walau banyak dokter yg bilang kalau saya punya penyakit endometriosis adenomiosis perlengketan rahim dll.. Tapi satu hal yg saya percaya dokterkan semuanya manusia dan manusia bisa salah dan saya kembalikan kepada Allah dan saya berjuang untuk tidak terlalu stress akan vonis dokter selalu Haqul Yakin akan Takdir Allah dan Kekuasaan Allah seperti halnya kisah Nabi sulaiman nabi ibrahim siti mariam tanamkan dzikrullah setiap kita mengalami kesulitan dan Allah membantu memberikan jalannya... Semangat buat ka lulu insha allah Allah akan memberikan setiap doanya ka lulu... Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima ksh doanya yaaa.. aku akan coba baca itu juga .. semoga kamu juga semua selalu diberikan kesehatan yaaa 😚😚😚

      Delete
    2. Terima ksh doanya yaaa.. aku akan coba baca itu juga .. semoga kamu juga semua selalu diberikan kesehatan yaaa 😚😚😚

      Delete
  29. assalamualaikum kak lulu,,,

    aahh sedih baca blog yang ini,,, feel the same too :(,, kadang kalo lagi drop imannya suka mikirnya knp ga kaya perempuan2 lain yang bisa gampang hamil,, knp harus dikasih sakit dll,, tapi suka lsg istighfar dan berasa malu skrg ternyata kak lulu udah beberapa kali operasi,,semoga kita semua jadi perempuan-perempuan penghuni surga ya Kak,, tetap semangat dan berdoa semoga Allah memberi kita kesehatan dan keturunan yang shalih dan shalihah ,, aamiin Allahuma Aamiin,, :)

    ReplyDelete

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...